Siapa sih yang tidak tahu gambar Perahu dengan bertuliskan phpmyAdmin ini ?
Tools ini sangat berguna bagi kalangan para programmer tentunya programmer web dan mobile yang menggunakan database mysql sehari hari.

Tau gak sih? sebelum ada phpmyadmin, para pengelola database (baik database administrator , programmer, ataupun System Administrator) menggunakan cli untuk mengelola databasenya, jika di linux, mac os menggunakan terminal dan di windows menggunakan command prompt. Susah engga tuh pas nampilin select * from database jika outputnya banyak (harus berapa kali scroll) xD

Semakin berkembangnya penggunaan MySQL memicu pihak pengembang ketiga untuk mengembangkan sistem GUI grafis untuk melakukan manajemen database pada MySQL. Pengembangan phpMyAdmin dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller seorang konsultan IT. Ratschiller mengerjakan sebuah program bernama MySQL-Webadmin dengan bebas, yang merupakan produk dari Petrus Kuppelwieser, yang telah berhenti mengembangkannnya pada saat itu. Ratschiller menulis kode baru untuk phpmyadmin, dan ditingkatkan pada konsep dari proyek Kuppelwiesser. Ratschiller meninggalkan proyek phpMyAdmin pada tahun 2001. Sekarang, Sebuah tim dari delapan pengembang yang dipimpin oleh Oliver Muller meneruskan pengembangan phpMyAdmin di SourceForge.net.

Tobias Ratschiller

Tobias Ratschiller

Sejak versi 3.0.0, phpMyAdmin bergabung dengan GoPHP5 dan bisa menciptakan kompatibilitas kode dengan versi PHP dan MySQL lama. Versi 3 ke atas memerlukan setidaknya PHP 5.2 dan MySQL 5. PhpMyAdmin pernah memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya sebagai aplikasi berbasis PHP terbaik serta mendapatkan predikat sebagai “Tool terbaik untuk SysAdmins” dari komunitas SourceForge.net. Hingga kini PhpMyAdmin telah dikembangkan lebih dari belasan tahun dan secara konsisten memperbaiki kualitasnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...